About

counter

Kamis, 23 Februari 2012

Komparasi dan Korelasi Soal Objektif dan Soal Subjektif

ABSTRAK
Mujahidin,Ahya.dkk 2011. Komparasi dan Korelasi Hasil Tes Pemahaman Siswa Terhadap Bentuk Soal Objektif dan Subjektif pada Materi ”Konsep Mol”. MAN Kota Kediri 3 Pembimbing: Ahmad Jaelani, M.Pd.

Kata Kunci : Tes Objektif, Tes Subjektif, Materi Konsep Mol

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap soal objektif dan soal subjektif. Di Indonesia sendiri, dalam mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap hasil pembelajaran yang didapatnya sering menggunakan tes objektif daripada tes subjektif. Selain itu, Alasan penulis memilih materi konsep mol adalah secara kontinuitas materi ini dikenalkan, dipelajari dan difungsikan mulai jenjang awal pada pembelajaran tingkat atas.  Hal inilah yang melatarbelakangi penulis dalam pembuatan makalah dengan judul Komparasi dan Korelasi Hasil Tes Pemahaman Siswa Terhadap Bentuk Soal Objektif dan Subjektif pada Materi ” Konsep Mol”. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas X MAN Kota Kediri 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka, metode eksperimen, metode observasi, dan metode angket atau kuesioner. Metode  studi pustaka yang digunakan adalah dengan cara menggunakan bahan-bahan dokumentasi, seperti buku, majalah, surat kabar dan lain-lain dimaksudkan untuk memperoleh data – data tentang tes objektif dan tes subjektif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil tes siswa dalam pengerjaan soal objektif dan subjektif pada materi soal ”Konsep Mol”. (2)Adanya perbedaan tingkat pemahaman terhadap soal objektif dan soal subjektif pada materi “konsep mol” oleh masing-masing siswa. (3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara hasil tes objektif dengan hasil tes subjektif . (4)Tingkatan korelasi positif yang signifikan antara hasil tes objektif dengan hasil tes subjektif sedang. (5)Rata-rata tingkat tebakkan yang dilakukan oleh para siswa adalah 9,26% dari keseluruhan jumlah soal. (6)Para siswa lebih menyukai jenis soal objektif dan subjektif.

0 komentar:

Posting Komentar